7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki agar Sukses di Dunia Kerja

Selain hard skill, di dunia kerja kita dituntut untuk memiliki soft skill. Simak 7 soft skill apa saja yang harus kamu miliki.


Ketika melamar pekerjaan, banyak orang cenderung menonjolkan hard skill – pengetahuan khusus dan kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu saja. Hal ini karena biasanya hard skill dapat didefinisikan dan diukur dengan jelas. Selain hard skill, penting juga untuk menyoroti mengenai soft skill yang dimiliki, untuk menunjukkan mengapa seseorang dapat menjadi kandidat atau pekerja terbaik.

Soft skill harus dimiliki oleh setiap pekerja karena perusahaan membutuhkan individu-individu yang dapat mudah bergaul, memiliki komunikasi yang baik, dapat bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Mungkin tidak masalah saat seseorang melamar pekerjaan dengan kemampuan teknis yang belum mumpuni, hal itu dapat dipelajari dan dilatih untuk menjadi kompeten. Apabila terdapat kandidat atau pekerja yang memiliki hard skill yang baik namun sikapnya negatif, tentunya perusahaan tidak akan memilih individu tersebut.

Soft Skill jauh lebih sulit untuk didefinisikan dan diukur - ini adalah tentang keterampilan interpersonal atau "people skill" yang membantu seseorang untuk berhasil berinteraksi dengan orang lain di tempat kerja.

Berikut ini adalah tujuh soft skill yang harus dimiliki di dunia kerja menurut Director of Recruiting Indeed.com, Mike Steinerd seperti dikutip dari The Balance Careers:

  1. Bertindak sebagai team player - selain bersikap kooperatif, karyawan juga dituntut untuk menunjukkan kepemimpinan yang kuat ketika diperlukan oleh tim.
  2. Fleksibilitas - ini adalah aset yang sangat berharga bagi karyawan. Mereka yang dapat beradaptasi dengan situasi apapun tentunya dapat diandalkan oleh perusahaan.
  3. Komunikasi yang efektif - soft skill yang sangat penting untuk hampir semua pekerjaan. Komunikasi mencakup pembawaan diri yang baik, menjadi pendengar yang baik dan menggunakan bahasa tubuh yang tepat.
  4. Pemecahan masalah - tidak peduli apa profesinya, keterampilan ini sangat penting dimiliki karena setiap karyawan diharuskan memecahkan permasalahan yang terjadi pada pekerjaannya.
  5. Menerima umpan balik (feedback) - tidak hanya sekadar menerima umpan balik tetapi mampu menerapkan umpan balik untuk mendorong pertumbuhan profesional.
  6. Memiliki kepercayaan diri - selalu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mendukung kepercayaan diri. Kepercayaan diri menjadi kunci pembuka untuk orang lain, rekan kerja, dan klien percaya pada apa yang kita katakan.
  7. Berpikir kreatif - mampu menghasilkan solusi yang unik sangatlah berharga; itu mendorong inovasi dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

Lalu, bagaimana cara untuk memberi tahu recruiter atau perusahaan tentang soft skill yang kita miliki saat melamar kerja. Saat kamu membuat resume dan cover letter, penting untuk mendeskripsikan keterampilan yang dimiliki dan dicari oleh perusahaan yang kamu tuju. Hal yang sama berlaku ketika proses wawancara kerja. Tinjau kembali postingan mengenai iklan pekerjaan, dan bersiaplah untuk memberikan contoh spesifik keterampilan yang dimiliki (baik hard skill maupun soft skill) yang cocok dengan persyaratan pekerjaan. Yang terpenting adalah terus melatih diri dan belajar untuk mengembangkan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ZM. Shiddieq

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend