5 Langkah Menulis Email Profesional

Walaupun email biasanya tidak seformal surat, tetapi kamu harus tetap menggunakan tata bahasa yang profesional untuk menunjukkan citra baikmu atau perusahaanmu.


Dalam pekerjaan, mauapun dalam proses kamu mendapatkan pekerjaan email adalah bentuk komunikasi bisnis yang paling umum sehingga sangat penting jika kamu bisa menulis email dengan cara yang profesional. Walaupun email biasanya tidak seformal surat, tetapi kamu harus tetap menggunakan tata bahasa yang profesional untuk menunjukkan citra baikmu atau perusahaanmu.

Ada 5 point cara menulis email profesional, dengan mengikuti cara sederhana ini pastinya kamu akan terbiasa menulis email secara profesional.

  1. Mulailah dengan salam
  2. Terima kasih kepada penerima
  3. Nyatakan tujuanmu
  4. Tambahkan komentar penutup
  5. Akhiri dengan penutup
  1. 1 Mulailah Dengan Salam


    Selalu buka emailmu dengan salam, seperti "Dear Lillian". Jika hubungannya lebih santai, kamu bisa mengatakan, "Hai Kelly". Jika kamu tidak tahu nama orang yang Anda tuju, gunakan: "Dear Sir / Madam".

  2. 2 Terima Kasih Untuk Penerima


    Kalau kamu membalas pertanyaan klien, kamu harus mulai dengan ucapan terima kasih. Misalnya, jika seseorang memiliki pertanyaan tentang perusahaanmu, kamu bisa mengatakan, "Terima kasih telah menghubungi Perusahaan ABC".

    Kalau seseorang telah membalas salah satu emailmu, pastikan untuk mengatakan, "Terima kasih telah membalas email saya". Berterima kasih kepada pembaca membuatnya merasa nyaman, dan itu akan membuat kamu terlihat lebih sopan.

  3. 3 Sampaikan Tujuanmu


    Kalau kamu memulai komunikasi email, mungkin mustahil untuk memasukkan ucapan terima kasih. Sebaliknya, mulailah dengan menyatakan tujuanmu. Misalnya, "Saya menulis untuk menanyakan tentang ..." atau "Saya menulis mengacu pada ...".

    Buat tujuanmu jelas sejak awal di email, dan kemudian pindah ke topik utama pada emailmu. Ingat, orang ingin membaca email dengan cepat, jadi buatlah kalimat dengan singkat dan jelas. Kamu juga harus memperhatikan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca dengan cermat sehingga kamu menciptakan citra profesional tentang dirimu dan perusahaanmu.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend