Tidak dapat dipungkiri, kita semua pasti pernah merasa bersalah karena telah membuang banyak waktu untuk bermain-main di kantor alih-alih benar-benar bekerja. Banyaknya gangguan saat bekerja seperti munculnya notifikasi dari media sosial media dan aplikasi chatting, suara tawa dari rekan kerja, kondisi lapar atau bahkan AC yang tidak berfungsi dapat mempengaruhi perhatian kamu saat bekerja. Namun selama kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan memenuhi tenggat waktu, semuanya masih baik dan bagus.
“Salah satu halangan terbesar dalam produktivitas saya adalah ketidakmampuan saya untuk bergaul,” kata desainer interior berusia 28 tahun Joy Meryl Ngo. “Saya seorang ekstrovert, dan saya merasa kehilangan waktu untuk berbicara dengan orang lain. Tapi masalahnya adalah saya bekerja secara efisien dan pada akhirnya saya selalu menyelesaikan semua hal yang perlu dilakukan.”
Di sisi lain, beberapa orang berjuang mengatasi banyak gangguan di tempat kerja dan akhirnya tidak menyelesaikan apapun. Atau jika mereka menyelesaikan sesuatu, mereka menyelesaikan pekerjaan di bawah standar yang akan selesai setelah dikerjakan ulang. Bila perilaku ini menjadi kebiasaan, saat itulah masalah dimulai.
Penting untuk dikenali bahwa ada dua macam gangguan. Satu terjadi karena faktor internal, biasanya hal ini muncul di benak kamu sendiri, sementara yang lainnya dikendalikan oleh faktor eksternal seperti lingkungan, rekan kerja, dan kebiasaan kerja. Masing-masing membutuhkan pendekatan yang berbeda, namun kabar baiknya adalah ada banyak cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa kebiasaan umum yang perlu dipecahkan agar kamu meminimalkan gangguan dan meningkatkan keseluruhan produktivitas, seperti yang dikutip dari Inc.com (10/08/2017)
-
1 Gagal menetapkan tujuan
Banyak orang meremehkan penetapan tujuan. Pada kenyataannya, harus jelas bagi kamu tugas mana yang harus diprioritaskan dan dikerjakan segera. Penetapan tujuan juga memberi kamu peta jalan ke mana tujuanmu dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya.
-
2 Mengabaikan gangguan fisik
Sering kali, cara termudah untuk meningkatkan produktivitas adalah memastikan dirimu merasa nyaman secara fisik. Terlalu dingin? Matikan AC. Notifikasi dari smartphone kamu terus-menerus muncul? Maka nonaktifkanlah selama jam kerja. Jika rekan kerja membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi? Pakailah earphone untuk sedikit meredakan kebisingan.
-
3 Ketergantungan pada media sosial
Di era media sosial di mana Facebook, Twitter, dan Instagram telah menjadi aspek penting dalam menjalankan urusan sehari-hari, semakin mudah hal itu membuat kita tertarik menggunakannya. Kita semua tahu betapa sulitnya melepaskan diri dari ketergantungan untuk selalu mengecek media sosial.
Jadi bagaimana kamu melakukannya? Menurut Varun Panjwani, CEO Singapore Start-up Global Health and Travel, mencegah orang menggunakan media sosial di tempat kerja dapat melakukan lebih banyak ruginya daripada kebaikan. Sebaliknya, dia menyarankan untuk melakukan pendekatan dari perspektif positif, yang dapat dilakukan melalui tiga cara berikut: memberikan aturan yang sangat jelas, menggabungkan lapisan penelitian media sosial dalam pekerjaan yang mereka lakukan, dan menciptakan tanggung jawab bersama di lingkungan kantor yang terbuka.
0 Comments