5 Financial Goals Sebelum Umur 30 Tahun

Rencanakan keuanganmu untuk masa depan.


0
Share via
1 share

Perencanaan dan perjalanan keuangan setiap orang berbeda – beda, yang penting kamu sudah mengusahakan segala rencana dan tujuan keuanganmu. Ketika teman – temanmu berhasil mecapai kesuksesan dalam masalah keuanganya tetapi kamu belum bisa mencapai apapun dari financialmu, jangan takut bersabarlah karena setiap orang memiliki waktunya masing – masing. Setidaknya kamu sudah berniat untuk memulai perencanaan keuangan.

Di usia 20-an bisa dikatakan adalah usia yang terbaik dan terburuk dalam hidupmu. Karena diumur 20an adalah waktu dimana kamu akan lebih mandiri untuk pertama kalinya dan mencari tahu tujuan hidupmu. Ini juga adalah moment dimana kamu tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab untuk melakukan realitas kehidupan.

Saatnya kamu harus mulai menabung dan mulai merencanakan keuanganmu yang baik sehingga kamu akan terbiasa untuk mengatur keuanganmu di masa depan. Ada 5 tujuan finansial yang harus kamu lakukan sebelum kamu berusia 30 tahun:

Mulai Menabung

Hal yang harus kamu lakukan di usia 20an adalah belajar menghemat uang. Ini akan membantu kamu mencapai sebagian besar tujuan keuangan lain yang kamu tetapkan untuk diri sendiri, pastikan kamu mempunyai uang darurat, dan kamu bisa mulai menata keuangan masa depanmu tanpa khawatir.

Untuk mulai menabung, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuat jumlah budget untuk kebutuhanmu selama sebulan dan kamu akan mengetahu berapa uang yang bisa kamu tabung diluar budget kebutuhan sebulan. Kamu bisa baca artikel ini untuk rekomendasi menabung:

Setelah kamu tahu berapa banyak bisa kamu tabung selama sebulan, kamu bisa membuat strategi untuk memaksimalkan penghematanmu. Kamu bisa mengaturnya dengan sebagian dari gajimu langsung dimasuk ke rekening tabungan .

Cara lain untuk menghemat adalah dengan mengurangi pengeluaran bulananmu (atau memangkas yang tidak perlu sama sekali), kamu bisa terapkan gaya hidup hemat, jangan terlalu konsumerisme dan lebih menghargai uang.


Siapkan Dana Darurat

Credit

Setelah kamu belajar menabung, hal pertama yang kamu lakukan adalah sisihkan untuk dana darurat. Ini diluar tabungan kamu, kamu harus mempunyai dana darurat sebesar 3x dari jumlah pengeluaran kamu sebulan. Dana darurat akan dipakai jika ada hal - hal yang tidak diinginkan terjadi dan kamu memerlukan biaya dadakan seperti kamu harus ke dokter, kamu resign dari pekerjaan, atau perbaikan laptop dan mobilmu.

Memang terlihat sulit dan butuh waktu, tapi ini sangat berguna kalau kamu sewaktu - waktu terjadi hal - hal yang membutuhkan uang banyak. Jika kamu masih bingung, kamu bisa tonton video Andra Alodita yang membahas mengenai Dana Darurat.

Pastikan kamu memasukkan dana darurat ke dalam rekening tabungan yang mudah kamu akses, sehingga jika terjadi sesuatu yang darurat kamu bisa mengambilnya dengan mudah.


Tabung Untuk Uang Muka Rumah

Credit

Ini mungkin seperti terlalu dini untuk usia 20an yang harus menabung untuk membeli rumah, tetapi ini sangat penting kecuali kamu akan tinggal ditempat yang tidak pasti hingga kamu tua.

Kamu tidak perlu membeli rumah pertama pada saat usia 20an, biasanya di usia 201an kamu akan menghabiskan hidupmu untuk mencari pekerjaan yang stabil dan kadang - kadang itu berada di kota yang berbeda - beda.

Uang muka rumah biasanya sebesar 20% dari harga pembelian, jika pembayaran uang muka lebih dari 20% makan itu akan mengurangi jumlah yang harus kamu bayar selanjutnya.

Semakin dini kamu mulai menabung, akan semakin baik di masa depan. Dengan memulai lebih dini kamu akan lebih leluasa untuk memilih rumah yang kamu inginkan.

Dana Pensiun

Memang terlihat terlalu cepat untuk mengumpulkan dana pensiun, tetapi jika kamu memulai sejak dini kamu akan lebih nyaman di masa depan. Kamu harus memikirkan kebutuhan finansial jangka panjang.

Jika di kantormu tidak mendapatkan dana pensiun kamu harus menyisihkan sedikit demi sedikit dari gajimu, jika dimulai sejak dini semakin banyak juga yang akan kamu dapatkan kelak. Tetapi jika kamu mendapat dana pensiun dari kantor kamu bisa menyimpannya sejak awal dan diambil disaat kamu pensiun.

Belajar Investasi

Menabung tidak akan membuatmu jatuh miskin. Tentunya dana - dana yang dijelaskan diatas akan menjadi kunci kebebasan finansialmu dimasa mendatang. Tetapi kunci utama kekayaan finansial adalah investasi.

Kalau kamu tidak mengerti harus berinvestasi dari mana, kamu harus bertemu dengan Financial Consultant yang akan membantu kamu membangun potofolio investasi.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
1 share

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend