10 Skill Yang Harus Kamu Punya di Tahun 2020

World Economic Forum mengatakan kamu membutuhkan sepuluh keterampilan untuk persiapan karir pada tahun 2020.


Menurut laporan "Future of Jobs" yang disusun oleh World Economic Forum di tahun 2020, kreativitas akan menjadi salah satu dari tiga keterampilan kerja teratas yang paling diminati, bersama dengan Complex Problem Solving dan Critical Thinking .

Untuk kamu yang sebentar lagi memasuki dunia karir atau ingin mencari karir yang lebih baik lagi di 2020, ada beberapa skill yang harus kamu miliki dan kamu butuhkan di tahun ini. Apa saja? Ini dia skill yang harus kamu miliki di tahun 2020:

Complex Problem Solving

Photo by Kaleidico on Unsplash

Complex Problem Solving adalah keterampilan paling penting yang harus dimiliki setiap individu. Keterampilan ini secara alami tumbuh dengan kerja keras dan pengalaman kehidupan. Tidak ada aturan atau kerangka kerja spesifik yang harus kamu ikuti untuk menguasai keterampilan ini.

Tetapi cara terbaik untuk menguasainya adalah dengan cara menghadapi masalah sampai akhirnya kamu menemukan solusi yang tepat.

Critical Thinking

Critical Thinking adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan mendalam tentang suatu masalah dan membuat penilaian logis. Ini adalah semacam pemikiran di mana kamu sendiri menganalisis dan memeriksa dan menghasilkan kesimpulan yang efektif. 

Hal ini membutuhkan kesabaran dan daya pengamatan yang baik. Critical Thinking adalah keterampilan yang penting untuk dipelajari. Ini bisa membantu dalam mengimplementasikan ide-ide inovatif yang kamu miliki.

Creativity

Mesin bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat tetapi tidak bisa memberikan kreativitas. Perusahaan mempekerjakan karyawan yang kreatif dan inovatif. Mereka ingin karyawan mereka menerapkan ide-ide baru dan berpikir di luar kotak. 

Kamu harus bisa lebih kreatif dalam mengubah data menjadi informasi. Beri dirimu waktu untuk berpikir, dan amati hal-hal yang sedang terjadi dan apakah kamu dapat memperbaikinya.

People Management

People Management adalah salah satu keterampilan paling penting yang harus dipelajari seseorang untuk kesuksesan jangka panjang. Karena setiap raja membutuhkan kekaisaran, setiap pemimpin membutuhkan tim untuk mencapai tujuannya. Ini hanya mungkin jika pemimpin memiliki keterampilan manajemen orang. 

Terlepas dari profesi dan pekerjaanmu, kamu akan selalu memerlukan keterampilan ini karena hal-hal besar tidak dapat dilakukan sendiri. Kamu perlu mengelola seluruh tim mu dan menjaga keharmonisan di antara mereka.

Coordinating With Others

Coordinating With Others adalah bagian dari manajemen orang. Keberhasilan tim sangat tergantung pada koordinasi di antara para anggotanya. Keterampilan ini meningkat ketika kamu pertama kali memahami orang lain dan kemudian membuat dirimu dipahami. 

Sebuah tim tidak bisa menang hanya dengan upaya satu orang. Karena itu, untuk memimpin tim mu dan mencapai tujuan bersama.

Emotional Intelligence

Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

Emotional Intelligence mengacu pada kemampuan untuk mengendalikan dan mengelola emosi sendiri dan kemampuan untuk mengendalikan emosi orang lain juga. Keberhasilan membutuhkan kontrol, yaitu kontrol pada pikiran sendiri. 

Menguasai keterampilan ini sangat penting untuk pertumbuhan pribadi Anda. Sebelum mengendalikan emosi orang lain, kamu harus terlebih dahulu mengendalikan emosimu. Hanya dengan begitu kamu dapat memengaruhi orang lain dan melakukan pekerjaan bersama. Ini adalah keterampilan yang sangat penting dalam kepemimpinan.

Judgement And Decision Making

Skill ini adalah yang paling penting dan sangat dibutuhkan dalam perusahaan (dan bahkan dalam kehidupan pribadi). Ini bukan hanya kemampuan untuk membuat keputusan dan menilai tetapi kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan tepat. Menguasai keterampilan ini membutuhkan semua keterampilan lain seperti berpikir kritis, kesabaran, kekuatan pengamatan yang baik dan yang paling penting, keberanian.

Service Orientation

Service Orientation berarti mencari berbagai cara untuk membantu orang lain. Seberapa baik kamu dapat membantu orang-orang di tim mu menentukan kualitas kepemimpinanmu. Jika kamu gagal menguasai keterampilan ini, kamu kehilangan kepercayaan dan loyalitas bawahanmu. Seorang pemimpin sejati adalah orang yang membantu timnya tumbuh tanpa meninggalkan siapa pun.

Negotiation

Mencapai kesepakatan yang diinginkan tanpa argumen atau perselisihan adalah kunci dari keterampilan negosiasi. Kebanyakan orang sering gagal membuat kesepakatan yang mereka inginkan, karena mereka kurang dalam keterampilan negosiasi. 

Menguasai keterampilan ini membutuhkan kejelasan tujuan dan presentasi serta diskusi ide yang tepat. Skill ini tumbuh dengan pengalaman praktis, pertemuan, dan percakapan dengan orang-orang di atas level posisimu.

Cognitive Flexibility

Cognitive Flexibility berarti kemampuan seseorang untuk menangani orang yang berbeda-beda. Individu yang berbeda memiliki pemikiran, ide, tindakan, pendapat, emosi, dll yang berbeda. Dengan demikian, setiap orang tidak dapat diperlakukan dan ditangani dengan cara yang sama.

Kamu harus fleksibel dan adaptif untuk berbicara dengan orang yang berbeda. Ini membutuhkan kreativitas, pemikiran logis dan hubungan masyarakat yang baik. 

Nah itu dia! Sekarang kamu tahu apa yang perlu kamu pelajari dan tingkatkan agar menjadi sukses. Kalau kamu bisa mengauasai skill diatas kamu akan mudah beradaptasi di pekerjaanmu bahkan kamu akan mendapatkan pekerjaan yang terbaik di tahun ini!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
3
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend